Kerugian Gadai BPKB Mobil di Bank yang Ditanggung Peminjam Dana

Kegiatan gadai BPKB mobil di bank menjadi kegiatan yang banyak dilakukan oleh masyarakat yang ingin mendapatkan pinjaman dalam jumlah yang besar. Hampir semua bank di Indonesia memberikan penawaran pinjaman dengan BPKB mobil sebagai jaminannya. Dengan BPKB mobil sebagai jaminan, masyarakat tidak terlalu memikirkan bagaimana cara untuk melunasi pinjaman jika sewaktu-waktu tidak dapat melakukan pelunasan. Pelunasan dianggap selesai oleh pihak bank jika mobil dan BPKB yang digadai diambil secara resmi oleh pihak bank. Kepemilikan atas mobil dan BPKB tersebut secara otomatis menjadi milik bank berdasarkan dengan perjanjian yang telah disepakati sebelumnya.

Keadaan tersebut dirasa merugikan masyarakat lantaran besar pinjaman yang didapat oleh pihak bank tak sebanding dengan harga mobil yang digadaikan. Karena itulah, pihak peminjam sebisa mungkin meminjam dana dengan besar pinjaman yang setara dengan harga mobil yang mereka gadaikan. Kerugian lain yang dialami oleh masyarakat ketika melakukan gadai BPKB mobil melalui pihak bank adalah besar bunga yang harus ditanggung oleh pihak peminjam dana. Besar bunga yang diterapkan oleh pihak bank memiliki jumlah yang lumayan besar. Peminjam dana sering kali merasa dibebankan dengan bunga besar yang ditetapkan oleh bank tersebut. Bunga akan diakumulasikan secara keseluruhan dan akan diangsur bersamaan dengan besar pinjaman setiap bulannya.


Kerugian lain yang dirasa oleh pihak penggadai BPKB mobil kepada pihak bank adalah waktu angsuran yang cepat. Waktu angsuran yang cepat tersebut membuat peminjam dana harus membayar angsuran dalam jumlah yang besar tiap tahunnya. Jika jumlah angsuran tiap bulan tersebut tidak dilakukan dengan lancar, kemungkinan beralihnya kepemilikan atas mobil yang digadai akan terbuka dengan lebar. Pihak bank biasanya akan memberikan peringatan terlebih dahulu sebelum melakukan peralihan atas mobil dan BPKB yang digadai oleh pihak bank. Dari banyaknya kerugian yang mungkin dialami oleh pihak peminjam dana, melakukan pengadaian BPKB mobil merupakan jalan terakhir yang tidak dapat mereka abaikan. Melalui kegiatan itulah, mereka dapat memperoleh dana yang dibutuhkan dalam waktu yang singkat.

Posted on Tags